Rabu, 01 April 2009

Hari Republik Islam

Hari ini, tanggal 12 Farwardin 1388 Hijri Syamsiyah, tercapainya kesepakatan rakyat Iran yang memberikan suaranya melalui satu referandum untuk mendirinya Republik Islam. Tepat 30 tahun lalu, 45 hari setelah pecahnya Revolusi Islam di Iran dibawah kepemimpinan Imam Khomeini qs, referandum menghasilkan kesepakatan (96%) rakyat Iran mendirikan negara Republik Islam di Iran. Hari terjadinya referandum rakyat yang menyepakati berdirinya Republik Islam di Iran inilah diperingati sebagai Hari Republik Islam di Iran.

Berdirinya Republik Islam di Iran dengan tiga dasar pokok: Tauhid (keEsaan Allah), Wilayah (Kepemimpinan) dan Rakyat. Suara Rakyat ebagai sisi pemerimaan muslimin pertama kali terjadi di dunia secara umum dan perjalanan politik Islam secara khusus sehingga terlaksananya teori kenegaraan dengan dasar Islam dan kemudian menjalankan hukum Islam dengan seksama.

Tidak dapat dibayangkan, setelah 30 tahun berdirinya Republik Islam di Iran, dengan 8 tahun perang, Iran telah menjadi negara yang maju dari semua aspek kehidupannya melebihi negara negara yang lebih dahulu merdeka. Aspek Militer, ekonomi, politik dan budaya menjadi tumpuan berjalannya negara ini sehingga menjadi poros kekuatan islam dalam menghadapi kekuatan Adi Kuasa penjajah dunia. Di Timur Tengah, Iran telah menjadi kunci penyelesaian setiap masalah regional terutama dalam konflik yang sedang berjalan sekarang.

Konflik Iraq dan Afganistan, Libanon dan Palestina, semua tidak dapat dilepaskan dari keberadaan Iran Islami. Sebaliknya, negara negara Eropa dan Amerika harus memperhitungkan keberadaan Iran di setiap langkah strateginya di regional dan internasional. Hingga kini, Republik Islam Iran terus mengabdikan dirinya untuk mempertahankan Islam di dunia. Republik Islam yang berdiri 30 tahun lalu telah menjadi poros Islam dalam kancah politik internasional.

"Saya mengucapkan selamat bagi rakyat Iran yang sepanjang sejarah Syahinsyah telah menganggap ringan tekanan penjajahan terhadap dirinya, padaha apa yang telah mereka mereka (Syah) lakukan terhadap mereka. 12 Farwardin adalah hari pertama pemerinthan Allah, merupakan aspek besar dalam Islam dan negara kita. Rakyat perlu mengangkatnya sebagai hari raya besar dalam kehidupannya. Hari jatuhnya kerajaan 2500, pemerintahan setan yang digantikan pemerintahan mustathafin (orang orang tertindas) yaitu berdirinya pemerintahan Tuhan...cuplikan pidato Imam Khomeini pada 12 Farardin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar