Rabu, 01 April 2009

Lieberman: Ketentuan Annapolis tidak Memiliki Keabsahan

Sample ImageMenteri Luar Negeri Rezim Zionis Israel, Avigdor Lieberman menyatakan bahwa Israel tidak terikat dengan sejumlah keputusan yang dicapai pada konferensi perdamaian Timur Tengah di Annapolis, AS. Sebagaimana dilansir AFP, Avigdor Lieberman kemarin (Rabu, 1/4), menyampaikan hal itu pada acara serah terima jabatan menlu Rezim Zionis Israel dari Tzipi Livni kepada dirinya. Dikatakannya, hanya ada satu alasan yang mengikat kami yaitu sebuah arah yang digambarkan dalam "peta jalan" perdamaian. Lieberman bahkan mengklaim Israel tidak pernah meratifikasi perjanjian Annapolis, begitu juga parlemen.

Lebih lanjut, menlu baru Rezim Zionis Israel ini mengatakan, peta jalan merupakan satu satunya prakarsa perdamaian yang disusun oleh komisi segi empat yaitu, AS, Uni Eropa, Rusia, dan PBB. Ditandaskannya, peta jalan telah menggariskan pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel. Peta jalan telah diratifikasi pada musim panas 2003, namun hingga kini belum diimplementasikan.

Dalam konferensi Annapolis pada 2007 lalu, Ehud Olmert dan Mahmoud Abbas sepakat untuk memulai kembali perundingan damai guna mancapai kata sekapat terkait pembentukan negara merdeka Palestina berdasarkan peta jalan. Landasan peta jalan menegaskan pembentukan negara Palestina, namun Rezim Zionis Israel selalu mengabaikan peta jalan dan mengajukan sejumlah proposal lain guna memuluskan rencana jahatnya di kawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar