Kamis, 29 Januari 2009

Pemerintah Mesir Cegah Penayangan Sandiwara ‘Simpati Gaza’



Iqna merilis laporan yang dinukil dari situs Al-Manar yang menyebutkan bahwa Fahmi Al-Khauli sebagai ketua penyelenggara sandiwara ‘Al-Quds Tidak Akan Pernah Diduduki’ kemarin, untuk dapat menayangkan sandiwara ini, namun tidak mendapatkan persetujuan dari Menteri Kebudayaan Mesir, Husni Faruq.

Syarif Asy-Syabasyi sebagai penulis skenario sandiwara ini, dalam kesempatan ini mengatakan bahwa sandiwara ini berisikan tentang jatuhnya Al-Quds ke tangan pasukan-pasukan Salib, sikap diam dan perpecahan para petinggi politik negara-negara Arab terhadap Persoalan Palestina dan Al-Quds di sepanjang sejarah.

Ia menambahkan bahwa sandiwara ini telah dipersiapkan sejak 2002 lalu, namun tidak dianggap penting oleh para pejabat tinggi negara-negara Arab, bahkan amat disayangkan bahwa para pejabat tinggi Mesir juga melarang penayangan sandiwara ini di siaran-siaran televisi di negara tersebut.

Di akhir pernyataannya, ia mengatakan bahwa para seniman Mesir telah bersepakat untuk mengkhususkan penghasilan dari penayangan sandiwara ini untuk membantu warga Gaza namun dengan pelarangan dari Menteri Kebudayaan Mesir tersebut, maka hal itu tidak dapat dilaksanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar