Minggu, 22 Maret 2009

Inna lillah, Kekasih Imam Khomeini Berpulang


Istri Imam Khomeini, Khadijah Tsaqafi, Sabtu pagi (21/3) berpulang ke rahmatullah.

Prosesi pemakaman jenazah Khadijah Tsaqafi istri Imam Khomeini hari ini dimulai di Universitas Tehran. Ribuan warga berdiri menyusun shaf barisan shalat jenazah dengan dipimpin oleh Pemimpin tertinggi,Ayatollah Al-Uzhma Khamenei.

Hadir dalam prosesi itu para pejabat tinggi negara, keluarga Imam Khomeini dan ribuan warga yang larut dalam duka.

Sesuai dengan wasiatnya, Almarhumah dimakamkan di sisi Imam Khomeini di kawasan pemakaman Bahesht-e Zahra di pinggiran kota Tehran.

Ibu Khadijah Tsaqafi yang hidup bersama Imam Khomeini selama 70 tahun dan bersama sang pemimpin dengan sabar melewati berbagai kesulitan dan derita selama masa perjuangan, hari Sabtu 21 Maret kemarin menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Almarhumah Khadijah Tsaqafi adalah putri Mirza Muhammad Tsaqafi Tehrani, salah seorang murid Ayatollah Khaeri Yazdi. Ia menikah dengan Imam Khomeini pada tahun 1308 Hijriah Syamsiah. Hampir 70 tahun, almarhumah mendampingi Imam Khomeini.

Pernikahan mereka berdua membuahkan lima anak. Sejak beberapa bulan lalu, almarhumah dirawat di rumah sakit Khatamul-Anbiya Tehran. Dua hari lalu ia mendapat serangan jantung dan akhrinya Sabtu pagi (21/3) ia pergi menemui panggilan ilahi. Demikian dilaporkan oleh situs irib.

Sebagaimana dilaporkan televisi Alamanar, Khadijah bukan perempuan biasa. Wanita berdarah Arab (Irak) ini adalah sosok intelektual. Selain menguasai bidang agama, ia mahir banyak bahasa, antara lain Arab, Turki, Inggris dan Perancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar