Minggu, 15 Maret 2009

Pemilihan Ketua Dewan Ahli Iran: Rafsanjani Ungguli Shahrudi dan Yazdi


shahrudiyazdi

Ayatullah Hashemi Rafsanjani, mantan presiden Iran yang kini menjadi Ketua Dewan Kepentingan Sistem, terpilih sebagai Ketua Dewan Ahli (Majles-e Khobregan).

Sebagaimana dilaporkan televisi aljazeera, ulama dan politikus kawakan yang tidak berjenggot seperti umumnya ulama Iran ini menyisihkan dua kandidat lainnya, Ayatullah Mahmoud Shahrudi, ketua Lembaga Yudikatif dan Ayatullah Muhammad Yazdi, mantan ketua Lembaga Yudikatif. Berdasarkan urutan suara, Shahrudi, murid utama Ayatullah Uzhma Baqir Sadr menempati menempati posisi Wakil I dan dan Yazdi sebagai Wakil II.

Dewan Ahli adalah lembaga di luar struktur negara yang bertugas mengesahkan pemimpin tertinggi Iran dan mengevaluasi kinerjanya. Para anggotanya terpilih melalui pemilu seantero Iran. Salah syarat utamanya, anggotanya mesti terlah mencapai posisi intelektual-akademik “mujtahid”, yang umumnya bergelar Ayatullah.

Sementara itu, bursa pilres Iran makin ramai. Setelah mantan presiden Khatami dan mantan ketua Parlemen, Karrubi, Mir Hosein Musawi, mantan perdana menteri masa Ali Khamenei juga mengumumkan diri sebagai kandidat bersaing dengan Ahmadinejad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar