Kamis, 12 Februari 2009

Mobarak Disambut Demo di Turki


hosni-mobaraks600x600

Presiden Mesir Hosni Mobarak kemarin (Rabu, 11/02) tiba di Istambul atas undangan Presiden Turki Abdullah Gul dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Ali Babacan.

Sebagaimana dilansir IRNA, berdasarkan informasi dari lembaga kepresiden Turki, Mobarak diagendakan akan bertemu Abdullah Gul guna membicarakan trasformasi regional dan masalah Gaza di istana bersejarah Ciragan di kota Istanbul. Perdana Menteri Recep Tayyep Erdogan juga akan menemui Hosni Mobarak di istana ini untuk melakukan pembicaraan.

Dalam pertemuannya dengan para pejabat Turki, Mobarak akan membicarakan masalah transformasi Timur Tengah, Gaza dan rekonsiliasi faksi-faksi Palestina. Para pengamat politik menilai masalah terpenting dalam perundingan Presiden Mesir dengan para pejabat Turki adalah bagaimana mencapai perdamaian berkelanjutan dan jangka panjang antara Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) dan Rezim Zionis Israel.

Sementara itu ratusan rakyat Turki di Ankara melakukan unjuk rasa menolak lawatan Hosni Mobarak ke Turki dan mengecam politik pemerintah Mesir dalam menghadapi rakyat Gaza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar