Rabu, 11 Februari 2009

Rusia Gelar Sidang Internasional untuk Rekonstruksi Gaza

Vitaly Churkin, wakil tetap Rusia untuk PBB menyatakan akan segera melaksanakan sidang internasional menyangkut rekonstruksi Gaza di Moskow, ibukota Rusia.

Vitaly Churkin
Vitaly Churkin di PBB

Situs ’Rusia al-Yaum’, yang dinukil oleh Islammuhammadi melaporkan bahwa, sidang internasional untuk rekonstruksi Gaza akan berlangsung setelah sidang ’rekonstruksi Gaza’ di Kairo, yang akan dihadiri tokoh-tokoh terkemuka di bidang politik dari berbagai belahan dunia, kata Vitaly Churkin wakil Rusia di PBB,[9/02/09].

Ia menambahkan, diplomasi politik Rusia memiliki andil untuk mencari jalan penyelesaian di kancah Internasional.

Sidang rekonstruksi Gaza dilakukan atas dasar upaya diplomasi politik Rusia untuk merealisasikan perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan Timur Tengah.

Vitaly Churkin selanjutnya mengharapkan dari rezim zionis Israel untuk membuka Jalur perbatasan Gaza secara menyeluruh guna menyalurkan bantuan kemanusiaan dan persaudaraan ke kawasan ini.

Sikap ini tidaklah menyalahi aturan ketetapan dari Dewan Keamanan PBB dan konstitusi internasional menyangkut upaya untuk menjaga hak-hak warga sipil.

Wakil tetap Rusia untuk PBB itu di akhir pembicaraannya, menegaskan bahwa pentingnya upaya melaksanakan perjanjian genjatan senjata secara permanen demi terciptanya stabilitas keamanan di Timur Tengah dan keikutsertaan negara-negara dunia dan badan PBB untuk segera melakukan rekonstruksi Gaza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar