Minggu, 01 Februari 2009

Kongres Internasional ‘Faktor-faktor Pelecehan terhadap Islam’ Akan Digelar di Yaman




Kongres Internasional yang membedah faktor-faktor pendorong pelecehan terhadap Islam dan kaum Muslimin akan berlangsung pada bulan Maret di kota San’ah, ibukota Yaman.

Iqna merilis laporan yang dinukil dari Kantor Berita Yaman (Saba’nat), Kongres ini akan berlangsung di Yaman atas prakarsa Organisasi Dunia Islam bekerja sama dengan Kementerian Wakaf dan Perkara-perkara Islam. Kongres juga akan dihadiri oleh para cendekiawan dan pengamat khusus Dunia Islam.

merilis laporan yang dinukil dari Kantor Berita Yaman (Saba’nat), Kongres ini akan berlangsung di Yaman atas prakarsa Organisasi Dunia Islam bekerja sama dengan Kementerian Wakaf dan Perkara-perkara Islam. Kongres juga akan dihadiri oleh para cendekiawan dan pengamat khusus Dunia Islam.

Abdullah bin Abdul Muhsin al-Turki, ketua umum Organisasi Dunia Islam, dalam kesempatan ini, menyatakan bahwa tema-tema seperti: perang Salib dan perluasan pengaruh historisnya dalam mengubah pandangan mereka terhadap Islam; pengetahuan mereka tentang Islam dan kaum muslimin perguruan-perguruan tinggi di Barat; permasalahan-permasalahan politik dan ekonomi di Dunia Islam; yang akan digelar dalam kongres ini dan merupakan faktor-faktor pelecehan terhadap kesucian Islam.

Ia menambahkan bahwa krisis kesadaran beragama dan berakhlak di media-media massa sekarang adalah tema lain kongres ini. Para peneliti dan pengkaji tema-tema ini akan mendedah makalah-makalah yang menyangkut media massa, kebebasan berekspresi, dan pengaruh-pengaruhnya bagi masyarakat dan tema-tema: tugas-tugas media, cinta lingkungan dan perdamaian.

Abdullah al-Turki menjelaskan, tugas umat Islam adalah mencegah pelecehan terhadap agama Islam yang merupakan topik lain yang akan dibahas dalam kongres tersebut. Makalah-makalah yang akan dipaparkan juga mencakup tema-tema seperti: pentingnya menjalin hubungan dan kerja sama dengan para pengikut semua agama untuk meluruskan pemahaman yang salah tentang Islam; pentingnya media massa dan organisasi-organisasi Islam dan internasional untuk mencegah terjadinya pelecehan kesucian agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar